2.000 LANSIA TAK BISA APA-APA, DINSOS JAMBI AJUKAN PERDA LANSIA KE DPRD
03 2019

Dinas Sosial Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dinsosdukcapil) mengajukan perda penanganan lansia ke DPRD. Kepala Dinsosdukcapil Provinsi Jambi Arief Munandar mengatakan perda tersebut agar Lansia di Jambi dapat lebih diperhatikan.

"Sekarang Insyaallah perda untuk penanganan lansia di Provinsi Jambi tinggal disahkan. Jambi sendiri Alhamdulillah termasuk provinsi kelima untuk perda lansia. Jadi disitu nanti kita bagaimana menangani lansia lebih baik lagi," ungkapnya saat diwawancarai Tribunjambi.com, di ruang kerjanya.

Menurut Arief Munandar, dari 3.500.000 penduduk Provinsi Jambi, 233.000 di antaranya potensi lansia. Dan dari potensi itu ada sekitar 2 ribu lansia yang benar-benar sudah tidak bisa berbuat apa-apa.

"Provinsi Jambi ini punya bonus demografi yang bagus. Artinya angka harapan hidup yang semakin baik. kenapa, ada sekitar 40 ribu lansia yang di atas umur 75 tahun, ini kan sudah luar biasa," terangnya.

Seperti sekarang ini Pemprov Jambi memiliki satu panti jompo yang dihuni oleh sebanyak 71 orang yang memang benar-benar terlantar dan tidak punya keluarga, akan tetapi dari semua lansia itu, bukan berarti tidak potensial, namun ada juga lansia yang berpotensial.

"Ini lah kedepan, mungkin mereka masih bisa diberdayakan dan mungkin ada beberapa pekerjaan yang bisa diserahkan kepada lansia-lansia ini, seperti di luar negeri," terangnya.

Kedepan juga, pihaknya akan berupaya pula untuk menfasilitasi sarana dan prasarana dan akan membentuk semacam komunitas serta menyediakan taman bagi para lansia berkumpul untuk saling bertukar pikiran.

"Selanjutnya, dinas perhubungan juga mungkin sudah ada rencana untuk memprioritaskan lansia, contoh ketika mereka berpergian menggunakan pesawat sekalipun angkutan umum itu harus dikhususkan," tambahnya.

Kemudian, Arief juga mengatakan para lansia juga harus diprioritaskan apalagi ketika mereka hendak berobat diusahakan jangan sampai mereka harus menunggu lama dalam antrian.

"Jangan lagi lansia itu harus menunggu lama, harus punya jalur khusus. Begitupun bagi pensiuan-pensiuan juga perlu dipikirkan. Kan kasian orang sudah tua harus lama menunggu antrian," jelasnya.

Perda itu nantinya juga menekankan dalam penangganan lansia tidak hanya pemerintah saja yang bertanggung jawab, tetapi dunia usaha dan masyarakat juga berkewajiban.

"Panti Lansia kami di Pall 5 itu, nyatanya bukan dari pemerintah saja yang memberikan makan, tetapi dari masyarakat banyak yang membantu apalagi disaat momen-momen tertentu," ungkapnya.

Mereka berharap, kedepan penanganan lansia di Provinsi Jambi lebih diperhatikan terutama dari masyarakat dan dunia usaha serta tidak menutup kemungkinan perusahaan-perusahaan swasta juga akan membentuk panti yang akan mereka tanggung sendiri.

"Nah, mungkin ini perlu diperhatikan, dengan keterbatasan anggaran kita pemerintah, apa salahnya ya CSR dunia usaha dialihkan ke kegiatan sosial," pungkasnya.

DINSOS HADIRKAN RUANG LAYANAN KHUSUS
03 2019

Saat ini Dinas Sosial Kependudukan dan Catatan Sipil (Dinsosdukcapil) Provinsi Jambi telah menyediakan ruang layanan khusus untuk menjawab kebutuhan masyarakat di bidang sosial. Hal ini diungkapkan oleh Kepala Dinsosdukcapil, Arief Munandar. 

Dia mengatakan bahwa keberadaan ruang khusus pelayanan untuk menjawab kebutuhan masyarakat di bidang sosial. Seperti tentang tata cara mendapatkan anak dari panti asuhan, penanganan orang terlantar hingga penanganan khusus penyandang disabilitas.

"Ruang khusus ini untuk meningkatkan pelayanan Provinsi Jambi khususnya dinas sosial kepada masyarakat banyak. Apalagi pekerjaan dinas sosial bersentuhan langsung dengan pelayanan masyarakat," katanya. 

Menurut dia, keberadaan ruang khusus pelayanan dapat membantu masyarakat dalam menghadapi permasalahan seperti lamanya mengurus dokumen serta kesulitan mengetahui alur pelayanan. 

"Berapa hari, berapa lama waktunya dan biayanya akan tergambar di sini. Makin cepat makin bagus. Kalau tidak puas kami juga sediakan kotak saran," katanya. 

Di samping itu, Arief mengungkapkan bahwa ruang khusus pelayanan ini tak hanya  akan melayani saja, namun juga mempermudah akses bagi  para penyandang disabilitas. 

Arief juga mengatakan, dinas sosial berupaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat melalui ruang khusus dan diharapkan pelayanan yang selama ini dikhususkan di bidang-bidang dan UPTD dapat dilayani di ruang khusus pelayanan untuk penyandang disabilitas. 

"Dinsos juga menyiapkan jalan khusus disabilitas dan kursi roda agar pelayanan dapat lebih maksimal," pungkasnya.

RAPAT PENYUSUNAN RENCANA KERJA DAN PENYUSUNAN RENCANA ANGGARAN TAHUN 2020
17 2019

Bidang Penangan Fakir Miskin pada Kasi Penanganan Fakir Miskin Perdesaan SUHAIMI, S.Kom melaksanakan Rapat Penyusunan Rencana Kerja dan Penyusunan Rencana Anggaran Tahun 2020 "Program Penanganan Fakir Miskin Wilayah I" Dinas Sosial dan Dukcapil Priv. Jambi Tahun 2019. (13/9/2019) hari ini."*

"Rapat ini dipimpin oleh Kasubbag Perencanaan dan Pelaporan PARNI MARDIAH, A.KS, MM yang didampingi Kepala seksi PFM Perdesaan SUHAIMI, S.Kom, Kepala Seksi PFM Perkotaan ANDRY BUDHIARTO, SE dan Kasi PFM Daerah tertinggal dan Perbatasan Antar Provinsi SITI AJIR, S. Ag, MM serta ASN dibidang Fakir Miskin."*

UPACARA MEMEPERINGATI HARI PERHUBUNGAN NASIONAL DAN OLAHRAGA NASIONAL TINGKAT PROV. JAMBI
17 2019

Memperingati Hari Perhubungan Nasional dan Hari Olahraga Nasional Tahun 2019 dilapangan kantor Gubernur Jambi, tanggal, 17 September 2019.

SOSIALISASI BPJS KETENAGAKERJAAN
17 2019

     BPJS KETENAGAKERJAAN hari ini Pukul 09.00 WIB (16/9/2019) Melaksanakan Sosialisasi Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan di Aula Dinas Sosial dan Dukcapil Prov. Jambi."*

"TIM dari BPJS Ketenagakerjaan didampingi Sekretaris Dinas PADLI SALEH, S.STP, M. SI dan diikuti peserta dari Pegawai Tidak Tetap (PTT) dilingkup Dinas Sosial dan Dukcapil Prov. Jambi, PKH Provinsi Jambi, TAGANA Prov. Jambi dan Pekerja Sosial Prov. Jambi.


#info "BPJS Ketenagakerjaan merupakan Badan Hukum Publik yang bertanggung jawab langsung kepada Presiden Republik Indonesia yang memberikan perlindungan bagi tenaga kerja untuk mengatasi risiko sosial ekonomi tertentu akibat hubungan kerja."*

''BIMBINGAN SOSIAL MOTIVASI BAGI WARGA KAT TAHUN 2019''
17 2019

        Hari ini Kepala Dinas Sosial dan Dukcapil Prov. Jambi ARIEF MUNANDAR, SE mengunjungi Komunitas Adat Terpencil (KAT) yang berlokasi di Sungai Seluang Desa Suka Jadi Kec. Bathin VIII Kabupaten Sarolangun Pada Pukul 14.00 WIB, hari ini (10/9/2019)."

Kegiatan ini dalam rangka "BIMBINGAN SOSIAL MOTIVASI BAGI WARGA KAT TAHUN 2019" , dalam hal ini Kepala Dinas Sosial dan Dukcapil Prov. Jambi ARIEF MUNANDAR, SE memberikan Bimbingan tentang pemanfaatan Program Pemerintah terkait bangunan Rumah sebanyak 37 Unit untuk 37 KK serta Jaminan Hidup 37 Paket selama 6 Bulan beserta tanaman Holtikultura."

Kepala Dinas Sosial dan Dukcapil Prov. Jambi didampingi Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial AZHARI, AKS, M.E.I dan Kepala Seksi Pemberdayaan Sosial Komunitas Adat Terpencil USUP SURYANA, AKS serta Dinas Sosial Kab. Sarolangun." Setelah melaksanakan Kegiatan tersebut Kepala Dinas Sosial dan Dukcapil Prov. Jambi melanjutkan Kegiatan "KSB" di Kabupaten Merangin."

''BIMBINGAN DAN RAHABILITASI SOSIAL TUNA SOSIAL KEGIATAN RAHABILITASI SOSIAL TUNA SOSIAL DAN PERDAGANGAN ORANG TAHUN 2019''
17 2019

     Hari ini Tanggal, 13 September 2019 Kepala Dinas Sosial dan Dukcapil Prov. Jambi ARIEF MUNANDAR, SE dalam hal ini di Wakili Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial M. DALMANTO, AKS, M.PS. SP yang didampingi Kepala Seksi Rehabilitasi Sosial Tuna Sosial dan KPO HJ. HARMADELI, S.Pd, M.Pd membuka acara Bimbingan dan Rahabilitasi Sosial Tuna Sosial Kegiatan Rahabilitasi Sosial Tuna Sosial dan Perdagangan Orang Tahun 2019, yang dilaksanakan di Aula Dinas Sosial dan Dukcapil Prov. Jambi serta Praktek Lapangan untuk Peternakan Lele di Kasang Kota Jambi dan Peternakan Ayam di Sungai Gelam Kab. Ma. Jambi, dengan peserta berjumlah 20 orang berasal dari dampingan Yatasan Kanti Sehati Sejati dan Yayasan Sahabat, Kegiatan ini dilaksanakan mulai Tanggal, 13 s/d 17 September 2019."

     Maksud dan tujuan dari kegiatan ini adalah : untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas sosial peserta melalui pemberian bimbingan sosial terkait edukasi penanganan HIV dan perawatan diri plus pemberian keterampilan. Keluarnya diharapkan keterampilan yang didapat dan praktek yang dilaksanakan dapat mendorong semangat dan praktek kemandirian ekomoni (usaha) pada peserta nantinya."*

"BIMBINGAN TEKNIS APLIKASI E - PKH TAHUN 2019"
18 2019

       Kepala Dinas Sosial dan Dukcapil Prov. Jambi ARIEF MUNANDAR, SE dengan didampingi Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial ISNAINI, SE membuka Acara "BIMBINGAN TEKNIS APLIKASI E - PKH TAHUN 2019" di SWISS - BELHOTEL Kota Jambi, kegiatan ini dilaksanakan dari Tanggal, 17 s/d 20 September 2019 dengan peserta berjumlah 31 orang dari 11 Kab/kota se-prov. Jambi. (malam ini)."*


       Kegiatan ini diselenggaran oleh Kementerian Sosial Republik Indonesia Direktorat Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Keluarga, dalam Rangka memberikan pemahaman tentang penggunaan aplikasi E - PKH. dengan Tema "MENUJU SATU DATA BANTUAN SOSIAL TERINTEGRASI."*

 

        Maksud dan tujuan dari kegiatan ini adalah sebagai sarana untuk meningkatkan kapasitas dalam hal pengetahuan dan keterampilan dalam penggunaan aplikasi E - PKH bagi administratot pangkalan data."*

PEMBAGIAN MASKER KEPENGGUNA JALAN
18 2019

      Hari ini Kepala Dinas Sosial dan Dukcapil Prov. Jambi ARIEF MUNANDAR, SE , TAGANA Prov. Jambi beserta Komunitas Sahabat Uncle Teebob membagikan Ribuan Masker kepala Pengguna Jalan yang melintas di kawasan persimpangan Bank Indonesia Kota Jambi.’ 

 

       Pembagian masker yang dilakukan ini bertujuan untuk mencegah dampak kabut asap bagi masyarakat karena ketebalan kabut asap pada pagi dan malam hari sangat tebal, sehingga menyebabkan warga tidak bisa beraktivitas dan mengganggu pernapasan. Selain dibagikan kepada pengguna jalan, sasaran pembagian masker tersebut juga difokuskan pada sejumlah ASN dilingkup Dinas Sosial dan Dukcapil Prov. Jambi."*

 
   

 

 

KADIS MENINJAU LOKASI TERNAK BINAAN DAMPINGAN YAYASAN KANTI SEHATI SEJATI DAN YAYASAN SAHABAT
18 2019

Siang ini (18/9/2019) Kepala Dinas Sosial dan Dukcapil Prov. Jambi ARIEF MUNANDAR, SE meninjau Lokasi Peternakan Ayam di Sungai Gelam Kab. Ma. Jambi dan Peternakan Lele di Kasang Kota Jambi.

"Pada kesempatan ini Kepala Dinas didampingi Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial M. DALMANTO, AKS, M.PS, SP . "Kegiatan ini merupakan Rangkaian dari kegiatan Bimbingan dan Rehabilitasi Sosial Tuna Sosial dan Perdagangan Orang Tahun 2019 yang dilaksanakan pada waktu yang lalu.  (13 s/d 17 September 2019)."

BIMTEK LK3 SE – PROV. JAMBI TAHUN 2019.
18 2019

Malam ini Kepala Dinas Sosial dan Dukcapil Prov. Jambi ARIEF MUNANDAR, SE membuka acara Bidang Pemberdayaan Sosial AZHARI, A.KS.M.E.I dalam Rangka "BIMBINGAN TEKNIS LEMBAGA KONSULTASI KESEJAHTERAAN KELUARGA (LK3)" tanggal, 11 s/d 12 September 2019 di Shang Ratu Hotel Jambi dan diikuti Peserta sebanyak 22 orang dari LK3 11 Kab/Kota."*   

 

"Maksud dan Tujuan : 

  1. Maksud dari kegiatan ini adalah : Meningkatkan pemahaman tentang penyelenggaraan LK3 yang terkait dengan manajemen LK3 yang meliputi standarisasi LK3 dan pelaporan Penyelenggara LK3;
  2. Tujuan dari kegiatan ini adalah : Meningkatkan pemahaman pengelola/penanggungjawab LK3 dalam penyelenggaraan LK3, Melakukan asesmen mandiri dalam penyelenggaraan LK3, dan Melakukan sosialisasi terkait pembuatan dan penyampaian laporan penyelenggaraan LK3."*

BIMBINGAN TEKNIS APLIKASI E - PKH TAHUN 2019
19 2019

         Kepala Dinas Sosial dan Dukcapil Prov. Jambi ARIEF MUNANDAR, SE dengan didampingi Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial ISNAINI, SE membuka Acara "BIMBINGAN TEKNIS APLIKASI E - PKH TAHUN 2019" di SWISS - BELHOTEL Kota Jambi, kegiatan ini dilaksanakan dari Tanggal, 17 s/d 20 September 2019 dengan peserta berjumlah 31 orang dari 11 Kab/kota se-prov. Jambi. (malam ini)."*


       Kegiatan ini diselenggaran oleh Kementerian Sosial Republik Indonesia Direktorat Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Keluarga, dalam Rangka memberikan pemahaman tentang penggunaan aplikasi E - PKH. dengan Tema "MENUJU SATU DATA BANTUAN SOSIAL TERINTEGRASI."*

 

        Maksud dan tujuan dari kegiatan ini adalah sebagai sarana untuk meningkatkan kapasitas dalam hal pengetahuan dan keterampilan dalam penggunaan aplikasi E - PKH bagi administratot pangkalan data."*

MONITORING DAN EVALUASI KUBE DI KAB. KERINCI
01 Oktober 2019

Dinas Sosial, kependudukan dan Pencatatan Sipil Prov. Jambi yang diwakili Kepala Seksi Penanganan Fakir Miskin Perdesaaan SUHAIMI, S.Kom melaksanakan kegiatan Monitoring dan Evaluasi Kube di Kabupaten Kerinci.

Adapun tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk melihat Perkembangan Kube di Kabupaten Kerinci Khususnya Usaha Kentang.


Kepala Seksi PFM Perdesaan berharap Kube untuk kedepannya lebih baik lagi dan bisa mendokrak perekonomian masyarakat miskin khusunya di Kabupaten Kerinci, untuk para Pendamping bisa berkerja lebih baik lagi dan membuat laporan perkembangan kelompok satiap bulannya.

MONITORING DAN EVALUASI KEGIATAN LK3
19 2019

Bidang Pemberdayaan Sosial hari ini Melaksanakan Monitoring dan Evaluasi Kegiatan LK3 dalam Rangka Pembinaan dan Sosialisasi Bantuan Operasional LK3 di Kabupaten Kerinci. Kegiatan ini dilaksanakan selama 3 hari dari Tanggal, 18 s/d 20 September 2019. "Kegiatan ini dilaksanakan oleh Pelaksana Seksi Pemberdayaan Sosial Perorangan dan Keluarga Dinas Sosial dan Dukcapil Prov. Jambi.*  
#LK3

Apa itu LK3 ... ?".

Lembaga Konsultasi Kesejahteraan Keluarga (LK3) adalah : Lembaga atau organisasi yang memberikan pelayanan konseling, konsultasi, pemberian/penyebarluasan informasi, penjangkauan, perlindungan, pendampingan dan pemberdayaan keluarga secara profesional, termasuk merujuk sasaran kelembaga pelayanan lain yang mampu memecahkan masalahnya."* Sasaran dari LK3 :

1. Keluarga secara umum dan dunia usaha sebagai sasaran sosialisasi untuk, mengembangkan sistem dukungan sosial;

2. Keluarga yang mengelami masalah sosial psikologis; dan

3. Pihak-pihak yang membutuhkan informasi atas dasar kepedulian, niat, kepentingan untuk mengatasi masalah keluarga." Dasar Pemikiran : Seiring dengan adanya          berbagai perubahan dalam masyarakat menyebabkan permasalahan yang dihadapi oleh keluarga semakin kompleks, seperti kemiskinan, ketelantaran anak, kekerasan dalam rumah tangga, trafficking, penyalahgunaan narkoba. "Ketahana sosial keluarga cenderung menurun sebagai akibat dari banyaknya permasalahan sosial yang dihadapi."*

JAMBORE DAN BAKTI SOSIAL TAGANA NASIONAL TAHUN 2019
26 2019

Dinas Sosial dan Dukcapil Prov. Jambi ikut serta dalam Rangka Jambore dan Bakti Sosial Tagana Tingkat Nasional Tahun 2019 yang dilaksanakan dari Tanggal, 25 s/d 28 September 2019 di Kabupaten Pasuruan dan Kabupaten Probolinggo Prov. Jawa Timur dengan Puncak Acara Apel Siaga Bencana yang dipimpin oleh Menteri Sosial RI dengan melibatkan kurang lebih 2.000 Tagana Indonesia."

"Pada kesempatan ini Kepala Dinas Sosial dan Dukcapil Prov. Jambi ARIEF MUNANDAR, SE Menugaskan Pada Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial untuk ikut serta Pada Kegiatan tersebut, untuk itu dihadiri oleh Kepala Seksi Perlindungan Sosial dan Korban Bencana Alam M. AFNAN, SE, Kepala Seksi Jaminan Sosial Ir. DWI ARIF WIBOWO dan beberapa Staf di Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial serta 10 orang Tagana dari 11 Kab/kota se-prov. Jambi."

"Salah satu dari Rangkaian kegiatan tersebut tadi malam (25/9/2019) melaksanakan Acara Seremonial melalui kegiatan Gala Dinner, Apel Siaga Bencana, Santiaji serta Prosesi Api Unggun, dan kami dari Provinsi Jambi mengucapkan terimahkasih atas perhatian Pemerintah Prov. Jawa Timur atas pemberian bantuan Masker untuk Provinsi Jambi yang diberikan Langsung Oleh Gubernur Jawa Timur Dra. KHOFIFAH INDAR PARAWANSA, M. Si dengan diterimah langsung dari Perwakilan Provinsi Jambi RIO WARDANA PUTRA."*

RAPAT KOORDINASI PERENCANAAN PROGRAM DAN ANGGARAN KEMENSOS RI TH ANGGARAN 2020
01 Oktober 2019

Kepala Dinas Sosial dan Dukcapil Prov. Jambi ARIEF MUNANDAR, SE serta Kepala PSBAWEP M. UBAIDILLAH, S.Sos dan Kasubbag Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan PARNI MARDIAH, A.KS, MM ikut serta dalam Rapat Koordinasi Perencanaan Program dan Anggaran Kementerian Sosial Tahun Anggaran 2020 dari Tanggal, 24 s/d 27 September 2019 di Hotel Holiday Inn Suites Jakarta, Glodok, Jakarta Barat.

KOORDINASI PROGRAM BPNT DI PROV. JAMBI TAHUN 2019
01 Oktober 2019

Rapat Koordinasi pelaksanaan Program Bantuan Sosial Beras Sejahtera dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Provinsi Jambi Tahun 2019. (14/8/2019), yang dilaksanakan di Ruang Utama Kantor Gubernur Jambi. . "Pada kesempatan ini dihadiri dari Provinsi Jambi :

 

  • Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Provinsi Jambi;
  • Kepala Dinas Sosial, Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Jambi;
  • Kepala Perum Bulog Divre Jambi;
  • Kepala Bappeda Provinsi Jambi;
  • Kepala Perindag Provinsi Jambi;
  • Karo Perekonomian dan SDA Setda Prov. Jambi;
  • Kepala Biro Hukum setda Prov. Jambi;
  • Para Bank Himbara (BNI, BRI dan MANDIRI);
  • Kabag Perekonomian Biro PSDA Setda Prov. Jambi.

"Dan dari Kabupaten/Kota :

  • Sekretaris Daerah Kab/Kota se Prov. Jambi selaku Ketua TIM Koordinasi Bansos;
  • Kepala Dinas Sosial Kab/Kota se Prov. Jambi;
  • Kabag Ekonomi Kab/Kota se Prov. Jambi;
  • Para Kortek se Prov. Jambi.

UPSK SAROLANGUN JARING 100 PENYANDANG DISABILITAS
03 Oktober 2019

UPSK SAROLANGUN JARING 100 PENYANDANG DISABILITAS

   Kegiatan Unit Pelayanan Sosial Keliling (UPSK) di Kabupaten Sarolangun dilaksanakan sebagai upaya pendekatan pelayanan khusus bagi masyarakat khususnya bagi penyandang disabilitas bentuk pelayanan yg diberikan adalah pemeriksaan kesehatan yg lakukan oleh dokter umum dan dokter spesialis (THT, ANAK, REHAB MEDIK), Asesmen dilakukan oleh Peksos dan psikolog kegiatan UPSK ini dilaksanakan selama 4 hari dari tgl 1 sd 4 oktober 2019 dgn jumlah peserta 100 orang terdiri Penyandang disabilitas fisik, sensorik, intelektual dan mental ujar kasi Rehsos Penyandang Disabilitas Dinas Sosial Dukcapil Prov. Jambi A. Aziz Mustakim.

     Dalam sambutan Kadis Sosial Dukcapil Prov. Jambi Arief Munandar dlm sambutannya yg disampaikan oleh kabid. Rehabilitasi Sosial M. Dalmanto bahwa kegiatan UPSK ini sebagai wujud perhatian pemerintah dalam bagi masyarakat yg memiliki kebutuhan khusus yang hasil UPSK nanti akan ditindaklajuti oleh Pemerintah Kabupten Sarolangun utk membantu tongkat kruks, kursi roda, kaki/tangan palsu, alat bantu dengar bagi penyandang disabilitas yg memenuhi syarat utk dibantu serta diharapkan agar dinsos sarolangun kedepannya membuat kegiatan upsk tersendiri pada masing2 kecamatan secara bergilir tiap tahunnya.

    Sedangkan sambutan kadis sosial H. Juddin,  S.Ag dalam sambutannya menyambut baik dan terima kasih atas ditetapkannya kab. Sarolangun sabagai salah satu tempat pelaksanaan upsk dgn adanya upsk ini masyarakat sarolangun khususnya penyandang disabilitas mendapat pelayanan kesehatan secara gratis serta memberikan motivasi agar peserta upsk jgn minder krn Allah telah memberikan hambanya kelebihan dan kekurangan bnyk warga disabilitas memiliki kemampuan dgn segala hal seperti atletik, hafidz Qur'an, dan sebagainya oleh karena diharapkan peserta jgn minder dlm bergaul tunjuk kempuan dan bakatmu krn penyandang disabilitas bukan halangan utk berkarya

PENYUSUNAN RENCANA KERJA TAHUN 2020 PROGRAM KEGIATAN PFM WILAYAH I SEKSI PFM PERKOTAAN
03 Oktober 2019

PENYUSUNAN RENCANA KERJA TAHUN 2020 PROGRAM KEGIATAN PFM WILAYAH I SEKSI PFM PERKOTAAN YANG DILAKSANAKAN DI AULA DINAS SOSIAL DAN DUKCAPIL PROV. JAMBI. KEGIATAN INI DIHADIRI DARI SEKRETARIS, KASUBBAG PROGRAM, PPK, KASUBBAG KEUANGAN DAN STAF DI KASI PERKOTAAN.

EVALUASI BANTUAN KUBE TH. 2018 KE KOTA SUNGAI PENUH TH ANGGARAN 2019.
03 Oktober 2019


Pada Bidang Fakir Miskin Pada Kasi Pfm Perkotaan Andry Budhiarto, Se Dinas Sosial Dan Dukcapil Prov. Jambi Beserta Staf Melaksanakan Evaluasi Bantuan Kube Th. 2018 Ke Kota Sungai Penuh Tahun Anggaran 2019.

Kunjungan Ini Dilaksanakan Pada Bulan Juni Minggu Ke 2 Tahun 2019. Hasil Kunjungan Tersebut Bantuan Yang Diberikan Dinas Sosial Dan Dukcapil Prov. Jambi Pada Masyarakat Kota Sungai Penuh Sangat Di Apresiasi Oleh Kelompok Kube Dan Menjadikan Usaha Tersebut Menjadi Penopang Dalam Menambah Pendapatan Anggota Kube. Kami Dari Dinas Mengharapkan Bantuan Tersebut Dapat Berkelanjutan Dan  Peran Serta Pemerintah Kota Sungai Penuh Melalui Dinas Melakukan Pembinaan Rutin Melalui Pendamping Kube Yang Telah Di Tetapkan Oleh Dinas Sosial Dan Dukcapil Prov. Jambi.







 

KOORDINASI PENCATATAN SIPIL KAB/KOTA SE-PROV. JAMBI TAHUN 2019.
08 Oktober 2019

KOORDINASI PENCATATAN SIPIL KAB/KOTA SE-PROV. JAMBI TAHUN 2019.

 

Bidang Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Jambi Pada Dinas Sosial dan Dukcapil Prov. Jambi melaksanakan Kegiatan "KOORDINASI PENCATATAN SIPIL KAB/KOTA SE-PROV. JAMBI'' dengan Tema "Peningkatan Kapasitas Operator dan Pelayanan Sebagai Upaya Minimalisasi Dampak Hukum Pada Dinas Sosdukcapil Kab/Kota Se-Prov. Jambi dari Tanggal, 6 s/d 7 Oktober 2019 di Hotel Shang Ratu Kota Jambi."


Kegiatan ini di Buka oleh Staf Ahli Gubernur Jambi Bapak Drs. H. AHMAD BASTARI, MPd yang didampingi Kepala Dinas Sosial dan Dukcapil Prov. Jambi ARIEF MUNANDAR, SE, tadi malam Pukul 20.00 WIB (6/10/2019) Sekaligus Penandatanganan MOU antara BPS dan Dinas Dukcapil Kab/ Kota dalam Rangka penggunaan Data Dukcapil sebagai Basis Data pada Sensus Penduduk Tahun 2020." Dilanjutkan hari ini Tanggal, 7/10/2019 Diskusi Panel antara Bapak Andi Kriarmoni Direktur CAPIL, Bapak Bastian Jacob Kepala Seksi Wilayah 1B, Direktorat Bina Aparatur Dukcapil, Bapak Kombespol M. Edi Faryadi dan Direktur Reskrimum Polda Jambi terkait Meminimalisasi Dampak Hukum terhadap Pelaksanaan Pelayanan Pencatatan Sipil pada Dinas Dukcapil."

KEGIATAN BELAJAR BAHASA ISYARAT ANAK TUNA RUNGU KOTA JAMBI.
08 Oktober 2019

KEGIATAN BELAJAR BAHASA ISYARAT ANAK TUNA RUNGU KOTA JAMBI.

Hari ini Minggu (6/10/2019) Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Pada Dinas Sosial dan Dukcapil Prov. Jambi M. DALMANTO, A.KS, M.PS. SP Bersama DPC GERKATIN (Dewan Pengurus Cabang Gerakan untuk Kesejahteraan Tuna Rungu Indonesia) Kota Jambi melaksanakan Kegiatan Belajar Bahasa Isyarat dengan Anak Tuna Rungu Kota Jambi, Kegiatan ini dilaksanakan di Halaman Depan Kantor Gubernur Jambi dan dilanjutkan Olahraga Bersama."*

KUNJUNGAN KERJA MENTERI SOSIAL RI
23 Oktober 2019

Hari ini 14/10/2019 Kunjungan Kerja Menteri Sosial RI AGUS GUMIWANG KARTASASMITA Ke Kabupaten Sarolangun Kec. Mandiangin Desa Gurun Tuo. "Dalam hal ini Menteri Sosial RI didampingi Gubernur Jambi R. Drs. H. FACHRORI UMAR, M. HUM dan Kepala Dinas Sosial dan Dukcapil Prov. Jambi ARIEF MUNANDAR, SE serta Jajaran Pejabat Di Prov. Jambi.


"Adapun tujuan dari Menteri Sosial Ke Prov. Jambi Khususnya Kabupaten Sarolangun yakni dalam Rangka Peresmian Lokasi Etalase (Percontohan Nasional) Pemberdayaan Komunitas Adat Terpencil (KAT) melalui Program Sinergi Dunia Usaha Sektor Migas." Adapun Bantuan yang diberikan oleh Menteri Sosial RI yang diserahkan langsung Kepada Bupati Sarolangun dan Temenggung berupa :

  1. Paket Sarana Air Bersih;
  2. Paket Pusat Belajar, Paket Training; dan
  3. Paket Bantuan Mata Pencaharian Alternatif."*

 

Dan Bantuan yang diserahkan langsung ke Temenggung oleh Menteri yakni :

  1. Solar Cell untuk 34 Unit; dan
  2. Paket Sembako untuk 156 Paket."

PEMANTAPAN PELOPOR PERDAMAIAN DAERAH KEGIATAN PERLINDUNGAN SOSIAL KORBAN BENCANA SOSIAL (PSKBS) TAHUN 2019.
23 Oktober 2019

Tadi malam Pukul 20.00 WIB Kepala Dinas Sosial dan Dukcapil Prov. Jambi ARIEF MUNANDAR, SE Membuka Acara "PEMANTAPAN PELOPOR PERDAMAIAN DAERAH KEGIATAN PERLINDUNGAN SOSIAL KORBAN BENCANA SOSIAL (PSKBS) TAHUN 2019" di Royal Garden Resort Kota Jambi selama Tanggal, 15 s/d 17 Oktober 2019, dengan Peserta Sebanyak 30 orang (Unsur Masyarakat yang dinilai mampu menjadi Relawan Tenaga Pelopor Perdamaian se - Prov. Jambi)."

 

"Kepala Dinas Juga didampingi Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial Pada Dinas Sosial dan Dukcapil Prov. Jambi ISNAINI, SE serta Narasumber dari Kementerian Sosial RI." Maksud dan Tujuan dari Pelaksanaan Kegiatan ini adalah :

| Maksud dari pelaksanaan Kegiatan ini adalah : untuk mencetak dan Meningkatkan Kemampuan Tenaga Pelopor Perdamaian sebagai Potensi Sumber Daya Alam pelaksanaan Perlindungan Sosial Korban Bencana Sosial.


| Tujuan dari Pelaksanan Kegiatan ini adalah : Meningkatkan Kemampuan Tenaga Pelopor (Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap) dalam pelaksanaan Peran, Fungsi dalam mewujudkan Perdamaian; Meningkatkan Peran, Petugas dan Fungsi dalam Mewujudkan Perdamaian sebagai media Koordinasi, Konsultasi, Pertukaran Informasi dan Pengalaman serta pengembangan kemampuan administrasi dan teknis dalam mewujudkan perdamaian secara berkelanjutan; dan Meningkatan mutu jejaring Tenaga Pelopor dalam mendukung terwujudnya Perdamaian Dilingkungan Masyarakat."

 

SEHARI BERSAMA ANAK
23 Oktober 2019

Dinas Sosial dan Dukcapil Provinsi Jambi Pada Bidang Rehabilitasi Sosial M. DALMANTO, AKS, M.PS.SP Melaksanakan kegiatan Satu Hari Bersama Anak Tahun 2019 di Kecamatan Singkut Kabupaten Sarolangun Pada Tanggal, 10 Oktober 2019." Kegiatan ini dibuka Oleh Bupati Sarolangun dalam hal ini diwakili Staf Ahli Bupati Kab. Sarolangun, dan dihadiri Kepala Dinas Sosial Kab. Sarolangun, Camat Singkut, dan Kepala UPD dilingkup Kab. Sarolangun. "Kepala Dinas Sosial dan Dukcapil Prov. Jambi ARIEF MUNANDAR, SE dalam hal ini diwakili Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial M. DALMANTO, AKS, M.PS, SP untuk melaksanakan kegiatan tersebut serta ASN di Bidang Rehabilitasi Sosial."


"Tujuan dari Kegiatan ini adalah : untuk memberikan kesempatan bagi Anak Indonesia termasuk didalamnya anak yang termaginalkan untuk mengaktualisasikan potensi dan kreativitasnya dengan penuh kecerian dan mandiri serta menjadikan mereka sebagai tamu kehormatan; dan Mengutamakan hak anak dalam setiap aspek kehidupan sosial dari Tingkat Keluarga, Masyarakat termasuk dalam penyelenggaraan tata kehidupan berbangsa dan bernegara."*

PERINGATAN HARI DISABILITAS (HDI) TINGKAT PROVINSI JAMBI TAHUN 2019.
10 Desember 2019

Peringatan Hari Disabilitas (HDI) tingkat Provinsi Jambi tahun 2019 berjalan meriah dan sukses, puncak peringatan HDI di Pusatkan di Kabupaten Batanghari tepatnya di Pendopo Rumah Dinas Bupati Batanghari di hadiri 200 orang penyandang Disabilitas terdiri dari disabilitas fisik, sensorik, mental dan intelektual dihadiri Gubernur Jambi yg diwakili oleh Staff Ahli Gubernur Jambi Bidang Kemasyarakatan dan SDM Drs. H. Ahmad Bastari, M. Pd, para bupati/walikota se- Prov. Jambi, unsur Forkompinda Provinsi Jambi dan Kab. Batanghari serta kepala OPD Provinsi Jambi dan Kab. Batanghari, kadis Sosial Kab/kota se Prov. Jambi.
Kepala Dinas Sosial dan Dukcapil Provinsi Jambi Arief Mundandar, SE dalam laporan menyampaikan bahwa tujuan pelaksanaan HDI adalah untuk meningkatkan kesadaran berbagai pihak terhadap problematika penyandang disabilitas juga merupakan bagian dari usaha memperjuangkan tuntutan perlindungan dan pemenuhan hak-hak penyandang disabilitas secara global, rangkaian Peringatan HDI ini juga telah dilaksanakan kegiatan Unit Pelayanan Sosial Keliling (UPSK) dipusatkan di Aula Institut Agama Islam (IAI) Nusantara Muara Bulian dari Tanggal, 23 s/d 26 November 2019.

Kemudian pada pelaksanaan HDI juga dilaksanakan bhakti sosial berupa pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis serta menampilkan kreasi seni yang akan ditampilkan oleh siswa SLB dan penyandang disabilitas seperti tari, dongeng, seni musik dan lain sebagainya. Juga pemerintah memberikan bantuan simbolis alat bantu bagi penyandang disabilitas berupa kursi roda, tongkat kruks. Tongkat netra, alat bantu dengar serta menyerahkan buku tabungan non tunai kepada penerima bantuan sosial berupa Program Asistensi Sosial Penyandang Disabilitas (ASPD) dari Kementerian Sosial RI. sementara ketua Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Prov. Jambi yg disampaikan oleh Zulpahmi bahwa peringatan HDI ini merupakan momentum yg penting bagi kami penyandang disabilitas karena kami penyandang disabilitas memiliki hak yang sama dengan manusia normal lainnya kerena kami ini sebenarnya tidak ingin lahir dan tdk mau menjadi seorang disabilitas namun ini sudah menjadi takdir dari Allah SWT.*

BIMBINGAN TEKNIS WKSBM TAHUN 2019
10 Desember 2019

Dinas Sosial dan Dukcapil Prov. Jambi pada Bidang Pemberdayaan Sosial melaksanakan kegiatan "BIMBINGAN TEKNIS WKSBM TAHUN 2019" yang dilaksanakan selama 2 hari dari Tanggal, 15 s/d 16 November 2019 di Ratu Hotel Kota Jambi, dengan Peserta sebanyak 20 orang berasal dari 11 Kab/kota se Prov. Jambi. Kegiatan Bimtek ini dibuka Langsung oleh Kepala Dinas Sosial dan Dukcapil Prov. Jambi ARIE MUNANDAR, SE dengan didampingi Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial serta Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Pada Dinas Sosial dan Dukcapil Prov. Jambi."*

OLYMPIADE PAHLAWAN INDONESIA TAHUN 2019.
10 Desember 2019

Hari ini (25/11/2019) Kepala Dinas Sosial dan Dukcapik Prov. Jambi ARIEF MUNANDAR, SE dengan didampingi Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial membuka Acara "OLYMPIADE PAHLAWAN INDONESIA TAHUN 2019" di Museum Siginjai Kota Jambi, dengan Peserta sebanyak 60 orang dari 11 Sekolah SMA Sederajad di Kota Jambi, Kegiatan ini dilaksanakan selama 1 hari yakni 25 November 2019."*


 "Maksud dan Tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah :

Maksud Kegiatan Olympiade Pahlawan adalah untuk menanamkan Nilai Kepahlawanan kepada para Pelajar dengan mengadakan kompetensi melalui ajang lomba debat dengan tema Pahlawan Nasional dan Daerah Jambi Khususnya.

Tujuan dari Kegiatan ini adalah : Tertanamkannya Nilai-nilai Kepahlawanan, Keperintisan dan Kesetiakawanan Sosial kepada masyarakat melalui pola Restorasi Sosial, dan mendorong generasi muda yang belum terlibat dalam pembangunan bidang kesejahteraan sosial agar tertarik dan turut terjun dalam berbagai ranah implementasinya."*

GEBYAR HUT PKH KOTA JAMBI TAHUN 2019.
10 Desember 2019

Hari ini (6/12/2019) Kepala Dinas Sosial dan Dukcapil Prov. Jambi ARIEF MUNANDAR, SE menghadiri Pembukaaan acara "GEBYAR HUT PKH KOTA JAMBI TAHUN 2019" yang dilaksanakan di Lapangan Kantor Wali Kota Jambi, kegiatan ini dihadiri Seluruh Camat, Lurah, Kepala OPD dan Kepala Bank Himbara Kota Jambi."

"Melalui semangat Jambore PKH Kota Jambi Kita dorong KPM PKH dari Keluarga Prasejahtera menuju Sejahtera Mandiri untuk Kota Jambi Terkini."*

RAPAT KOORDINASI SISTEM INFORMASI KESEJAHTERAAN SOSIAL NEXT GENERATION (SIKS-NG) TAHUN 2019
10 Desember 2019

Hari ini Sekretaris Dinas Sosial dan Dukcapil Prov. Jambi PADLI SALEH, S.STP, MSi dengan didampingi Kasubbag Perencanaan dan Evaluasi membuka Acara "RAPAT KOORDINASI SISTEM INFORMASI KESEJAHTERAAN SOSIAL NEXT GENERATION (SIKS-NG) TAHUN 2019" yang dilaksanakan selama 3 hari dari Tanggal, 27 s/d 29 November 2019 di Shang Ratu Hotel Jambi, dengan di hadiri Peserta dari 11 Kab/kota se-prov. Jambi."

 

"Maksud dan Tujuan dari pelaksanaan Kegiatan ini adalah : Mewujudkan Sinergisitas dan Keterpaduan dalam pelaksanaan SIKS-NG di Prov. Jambi serta mendorong Kab/kota dalam penggunaan dan pemanfaatan SIKS-NG."

BULAN BHAKTI KESETIAKAWANAN SOSIAL (BBKS) SERTA PUNCAK ACARA HARI KESETIAKAWANAN SOSIAL NASIONAL (HKSN) TAHUN 2019.
18 Desember 2019

Hari ini Dinas Sosial dan Dukcapil Prov. Jambi melaksanakan Kegiatan Tahunan yakni "BULAN BHAKTI KESETIAKAWANAN SOSIAL (BBKS) serta PUNCAK ACARA HARI KESETIAKAWANAN SOSIAL NASIONAL (HKSN)" yang setiap Tahunnya pada Tanggal, 20 Desember. HKSN Tingkat Prov. Jambi Tahun 2019 dilaksanakan pada Tanggal, 17 Desember 2019 yang dilaksanakan di Angso Dua Jambi. Kegiatan ini dibuka oleh Gubernur Jambi Dr. Drs. H. FACHRORI UMAR, M.Hum. serta dihadiri oleh seluruh OPD Prov. Jambi, Bupati/wali kota se Prov. Jambi, Kepala Dinas Sosial se Prov. Jambi dan Forkopimda serta ASN dilingkup Dinas Sosial dan Dukcapil Prov. Jambi. Pada kesempatan ini Gubernur Jambi melaksanakan Penyerahan bantuan secara simbolis kepada penerima manfaat untuk Tahun 2019." Adapun tujuan dari pelaksanaan Kegiatan ini adalah untuk Menggali potensi sumber Kesejahteraan Sosial serta dapat berpartisipasi dalam penanganan masalah sosial sehingga terbangun sinergi dalam pembangunan kesejahteraan di Prov. Jambi."*

Link Terkait