KUNJUNGAN KE SAROLANGUN, MENSOS KHOFIFAH DAPATI BALITA SAD TAK DIIMUNISASI
18 2017

TRIBUNJAMBI.COM, SAROLANGUN – Anak-anak atau balita Suku Anak Dalam (SAD) yang tinggal dipemukiman Sungai Surian, Desa Pulau Lintang, Kecamatan Bathin VIII, Sarolangun ternyata tak mendapat imunisasi. Hal ini diketahui saat Menteri Sosial RI, Khofifah Indar Parawansa berkunjung kelokasi tersebut, Senin (15/5) lalu.

Dalam kunjungan tersebut, Kemensos menyapa seorang warga SAD yang sedang mengendong bayi. Saat itulah dia mengetahui, bahwa ternyata anak-anak SAD dilokasi tersebut tak pernah diimunisasi.

Keadaan itu, Kemensos langsung koordinasi dengan Gubernur Jambi, Zumi Zola dan Pj Bupati Arief Munandar. Dia meminta, agar balita yang ada di pemukiman KAT tersebut segera mendapat imunisasi.

Gubernur Jambi, Zumi Zola dikonfirmasi membenarkan keadaan tersebut. Hal inilah sebutnya yang akan disuport pemerintah provinsi jambi dan kabupaten.

“Ya, tadi kita lihat banyak balita disini. Jadi mereka ini harus mendapatkan imunisasi,” kata Zola.

Zola menyebutkan, di pemukiman SAD ini harus ada posyandu. Dia meminta, aga hal itu segera dilakukan oleh pihak terkait.

“Tidak perlu menunggu ini harus segera dilakukan,” tegasnya.

Disinggung bahwa di desa terdekat tempat tinggal SAD terdapat posyandu. Zola meminta instansi bisa jeput bola agar anak-anak SAD bisa diimunisasi.

“Kalau tempat lain atau desa terdekat, mereka (SAD) mungkin asing dengan imunisasi mereka susah untuk datang. Jadi solusinya, kita harus jeput bola datang ketempat mereka untuk memberikan imunisasi terhadap anak-anak mereka,” tuturnya.

Terkait hal ini, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sarolangun, H Adnan dikonfirmasi mengatakan, bahwa belum adanya posyandu di pemukiman SAD di Sungai Surian karena lokasi tersebut baru. Sementara untuk SAD yang tinggal di bukit 12 Kecamatan Air hitam kegiatan posyando telah dilakukan.

“Kalau di Pematang Kabau kita sudah punya data anak-anak SAD, jadi setiap bulan diadakan pusyandu,” sebut Adnan, Selasa (16/5).

Namun terkait dengan SAD yang di Sungai Surian sebutnya, pihak telah memerintahkan pihak puskesmas untuk melaksanakan jadwal posyandu. Dimana setiap bulannya akan diadakan posyandu dilokasi tersebut.

“Untuk disana kita akan jeput bola. Setiap bulan akan kita adakan posyandu untuk memberikan imunisasi. Bulan ini kita akan laksanakan,” jelasnya.(pit)

Penulis: heru
Editor: awang
Sumber: Tribun Jambi