PELAKSANAAN HARI HLUN DI MERANGIN
24 2017

HIDUP BERMARTABAT DI USIA SENJA, LANJUT USIA SEJAHTERA. itulah Tema pada Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) Ke 27 yang pelaksanaannya di Kabupaten Merangin Provinsi Jambi pada senin (15/5). Selain  dihadiri  langsung Oleh Menteri Sosial RI Khofifah Indar Parawansa juga dihadiri Ketua Lanjut Usia Pusat  Bhatiar Chamsyah dan para pejabat dari pusat. Selain Gubernur Jambi H.Zumi Zola beserta Ny Sherin Tharia Zola dan wakil Gubernur Fachrori Umar beserta Ny Hj.Rahima, Bupati Merangin H. AL Haris Beseta Ny Hesti Haris, Wakil Bupati H.Khafid Moein dan Isteri Ny Emi Khafid. Juga tampak Sekda Merangin H.Sibawaihi beserta Ibu dan para Kepala SKPD dilingkungan Pemerintah Daerah dan para Lanjut Usia Kabupaten Merangin Provinsi Jambi.

Oleh karena itu Menteri Sosial RI Ibu Khofifah Indar Farawansah “Lanjut Usia memiliki Hak untuk memperoleh kehidupan yang layak dihari tuanya, sejahtera dan bermartabat di usia senja. Lanjut Usia harus diberdayakan, “Bukan Malah Dibiarkan”.

Kegiatan HULN tahun 2017 kali ini bertujuan mengembangkan potensi Lanjut Usia menjadi Lanjut Usia yang bermanfaat dan Bermartabat, melembagakan nilai-nilai sosial masyarakat, untuk selalu meneladani dan menghargai Usia Lanjut.” Ungkapnya.

Gubernur Jambi H.Zumi Zola, di Hari Lanjut Usia (HULN) 2017 ini mengatakan Kita harus selalu menghargai dan menghormati orang tua-tua kita, bagaimanapun beliu adalah pelaku sejarah dalam membangun Negeri ini. Oleh karena  itu wajarlah kalau saya berterima kasih kepada Pak Cik, MakCik, Pak Wo, MakWo, yang telah banyak berpartisipasi dalam membangun Jambi hingga apa yang dapat kita rasakan sampai saat ini.” sebutnya.

Pada Kegiatan HULN 2017 yang ke 27 di Kabupaten Merangin Provinsi Jambi ini juga di LOUNCHING Oleh Menteri Sosial RI Ibu Khofifah Indah Parawansa.

Pedoman Pengembangan Kawasan Ramah Lanjut Usia dan mencanangkan Senam TAIJI sebagai Senam Sehat Lanjut Usia.

Rangkaian Kegiatan HULN 2017 di Kabupaten Merangin kali ini juga mengadakan Bhakti Sosial  melalui Bedah Rumah dan bantuan sarana Kamar yang dilaksanakan dibeberapa Wilayah Republik Indonesia sebagai berikut.

Bedah Rumah dan bantuan sarana Kamar Di Kab Jombang Prov Jawa Timur sebanyak (15 Lanjut Usia).

Bedah Rumah dan sarana Kamar di Kab. Toli Toli Prov Sulawesi Tengah (20 Lanjut Usia).

Bedah Rumah di Kab. Mesuji Prov Lampung  (20 Lanjut Usia).

Bedah Rumah dan bantuan sarana Kamar di Kab. Benteng Prov Bengkulu (15 Usia Lanjut).

Dan Alhamdullilah yang terbanyak Bedah Rumah dan Bantuan Sarana Kamar yaitu di Kab.Merangin Prov Jambi  (25 Lanjut Usia).

Selain Bhakti Sosial Bedah Rumah juga ada pemberian paket sandang untuk 500 orang Lanjut Usia di Kabupaten Merangin senilai Rp 250.000,- per paket.

Pemeriksaan Kesehatan Gratis, kepada Lanjut Usia di acara Gebiyar HLUN di Kabupaten Merangin Provinsi Jambi. pemberian Aksesbilitas kepada Lanjut Usia berupa Kaca mata baca, Korsi Roda, tongkat kaki tiga, kaki palsu, dan tangan palsu.

Dengan bantuan Pemerintah ini mari kita jaga, kita rawat dan kita manfaatkan dengan sebaik sebaiknya.
Dan “Alhamdullilah  dalam kesempatan ini juga saya sebagai Bupati dan Masyarakat menyambut baik dan berterima kasih kepada Pemerintah Pusat yang telah  mempercayakan  acara Hari Lanjut Usia Nasional (HULN) yang Ke 27  pada tahun 2017 dilaksanakan di Kabupaten Merangin Provinsi Jambi. ” Pungkas Bupati. (SRn. PERI ).